Tips Sukses Berjualan Online Lewat Facebook Gratisan

Tips Sukses Berjualan Online Lewat Facebook Gratisan – Facebook menjadi salah satu media sosial yang cukup digemari, terutama di Indonesia. Berdasarkan hasil laporan dari dataindonesia.id Indonesia memiliki sekitar 129,85 juta pengguna facebook per Januari 2022. Hal ini menempatkan Indonesia menduduki peringkat 3 Dunia terbanyak. Dari fakta ini membuat banyak para pelaku bisnis memanfaatkannya dengan baik.

Terdapat 2 cara dalam berjualan melaui facebook, yang pertama dengan berbayar atau menggunakan fb ads, dan yang kedua menggunakan organik atau gratisan. Jika ditanya mana yang lebih baik, keduanya sama-sama baik, jika anda memiliki lebih banyak budget iklan, lebih baik memang menggunakan iklan, namun bagi anda yang tidak memiliki budget besar untuk beriklan, anda bisa memakai teknik organic atau memanfaatkan facebook secara gratisan untuk berjualan.

Tips Sukses Berjualan Online Lewat Facebook Gratisan

Sebelum lebih lanjut, anda perlu mengetahui satu prinsip utama dalam berjualan di facebook secara gratisan yaitu “sell yourself before sell your product” yang artinya sebelum anda benar benar menjual produk anda, perkenalkan diri anda terlebih dahulu, buat diri anda disukai oleh pengikut anda bahkan sampai dipercaya oleh mereka. Setelah kepercayaan itu tumbuh, target pasar kita atau pengikut kita akan lebih rela keluar uang dalam membeli produk kita. Jadi yang dijual disini 90% bukan product anda, tapi anda sendiri sebagai pemilik product.

Agar bisa dipercaya, anda perlu mengelola facebook dengan baik. Melalui artikel Tips Sukses Berjualan Online Lewat Facebook Gratisan ini, akan saya kupas tuntas bagaimana tips dan cara terbaik dalam berjualan melalui facebook organik ini.

1. Berteman dengan Target Pasar

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah berteman dengan target pasar, kenapa begitu ? karena hanya orang yang berteman dan mengikuti facebook anda yang bisa melihat postingan atau promosi produk anda. Pada dasarnya setiap produk memiliki pasar yang spesifik, misalnya produk yang dikhususkan untuk anak remaja, sangat kecil kemungkinan dibeli oleh orang orang yang sudah tua, Begitu juga sebaliknya. Jadi saat iklan anda muncul pada orang yang tidak tepat, kecil kemungkinan mereka akan membelinya. Sehingga hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mengisi facebook pertemanan anda dengan target pasar.

Baca juga : Cara Berteman dengan Target pasar di Facebook

2. Lakukan Interaksi dengan Teman Facebook

Selanjutnya jika sudah berteman di facebook, anda perlu melakukan interaksi dengan mereka, karena pada dasarnya mendapatkan teman tertarget itu mengumpulkan cold market dalam 1 tempat. Cold Market merupakan orang yang tidak tahu siapa anda, produk anda, dan tidak pernah transaksi dengan anda. Jika sekedar mengumpulkan mereka, ini menjadi percuma juka anda tidak melakukan strategi berikutnya.

Hal yang harus anda lakukan selanjutnya adalah mengubah mereka menjadi Warm Market yaitu orang yang pernah berinteraksi dengan anda tapi belum membelinya.  Mayoritas orang yang baru dikenal tapi langsung kita berikan postingan untuk jualan, mereka tidak akan langsung membeli. seperti di dunia nyata ketika kita baru mengenal seseorang namun dia langsung menawarkan produk, pastinya kita langsung tidak tertarik, namun saat kita sudah membangun interaksi dan mengenalnya, kemungkinan besar produk kita akan terjual.

Baca Juga : Teknik dalam Berinteraksi di Facebook

3. Buat konten yang Disukai oleh Target pasar anda

konten merupakan segala hal yang anda posting di facebook, baik berupa story maupun feed facebook. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, agar tercipta sebuah interaksi anda tidak hanya perlu melakukan like, comment dan share pada target pasar anda, namun anda perlu membuat konten agar calon pelanggan anda memberikan like, comment dan share pada akun anda.

Tentunya kita perlu berhati-hati dalam membuat konten, karena setiap postingan akan memberikan dampak pada bisnis anda. Misalkan seperti mengupload masalah pribadi saat jengkel pada customer atau hal hal tidak penting yang tidak berhubungan dengan produk kita, tentu akan merugikan bisnis kita.

Baca Juga : Cara Membuat Konten Menarik di Facebook

4. Membangun Personal Branding

Personal branding adalah kesan yang menempel pada diri kita. Ini menjadi sangat penting karena akan membaut kita lebih menonjol dari orang lain yang mungkin menjual produk sejenis dan membuat target pasar juga menyadari keberadaan kita.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa seseorang membeli suatu produk terkadang tidak dipengaruhi oleh produk tersebut namun pada orang yang menjualnya. Saat aka membeli sebuah produk yang diingat bukan lagi produk dan kelebihannya, tapi siapa yang menjualnya. Saat orang tersebut sudah mempercayai kita maka apapun yang kita posting bahkan jika itu jualan, akan membuat follower kita tertarik.

Baca Juga : Teknik Personal Branding di Facebook

5. Funneling ke social mesengger

Tips selanjutnya adalah funneling ke social messengger. Maksudnya adalah dari facebook bisa kita arahkan ke media promosi yang punya kemampuan mengirimkan pesan langsung secara massal. Memang dalam melakukan media promosi lewat facebook bisa menghasilkan secara maksimal, namun kita perlu arahkan transaksinya ke wa atau email. Agar ketika memiliki produk baru atau promo bisa diinfokan secara langsung kepada mereka.

6. Konsisten

Tips terakhir dan paling sulit untuk dijalankan adalah konsisten. Semua tips diatas akan percuma jika anda tidak konsisten dalam menjalankannya, hal ini karena teknik ini dilakukan secara gratis, sehingga agar bisa benar benar melihat hasilnya membutuhkan waktu sedikit lebih lama. Ingat bahwa tidak hanya kita yang berusaha menjual produk secara gratisan di Facebook, namun hampir semua pengusaha kini beralih ke facebook dan memanfaatkannya sebagai media untuk berjualan secara gratisan.

Tips agar bisa konsisten anda hanya harus memiliki alasan kuat kenapa harus melakukannya, dengan alasan tersebut akan membuat anda lebih berenergi. Akan tetapi jika anda memiliki sifat dasar yang tidak konsisten ini akan sulit diperbaiki, walaupun begitu, bukan berarti tidak bisa. Segera perbaiki sifat tersebut dan konsistenlah dalam mengelola akun personal facebook anda.

Itulah tadi beberapa tips dalam berjualan online melalui media facebook secara gratisan dan bagaimana anda bisa mengoptimakan akun facebook personal anda sebagia media promosi yang luar biasa.

Loading

2 thoughts on “Tips Sukses Berjualan Online Lewat Facebook Gratisan”

  1. Pingback: Cara Berteman dengan Target pasar di Facebook

  2. Pingback: Wajib Tahu ! ! 4 Manfaat SEO Untuk Bisnis Anda

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *